Penting: Jangan Menggunakan Yahoo & Aol Sebagai “From” Email Address!


Deliverability, General

Apakah yang dimaksud dengan DMARC ?

DMARC (Domain-based Message Authentication, Reporting and Conformance) adalah standarisasi bagaimana penerima email melakukan otentikasi email menggunakan SPF (Sender Policy Framework) dan mekanisme DKIM (Domain-Keys Identified Mail) . Ini berarti bahwa pengirim akan mengalami hasil yang konsisten untuk otentikasi pesan mereka di AOL , Gmail , Hotmail , Yahoo! dan semua ESP lainnya yang menerapkan DMARC .

Lalu Apa Pengaruhnya Bagi Pengguna ProfitSender?

Jika Anda Tidak Menggunakan alamat yahoo.com sebagai From Address, Maka tidak ada efeknya untuk anda, email anda akan tetap terkirim lancar.

Jika Anda menggunakan  ‘ FROM ‘ADDRESS @yahoo.com , ada kemungkinan bahwa email akan gagal karena otentikasi  DMARC sedang digunakan oleh alamat @profitsender.com.  Saat ini hanya alamat email yahoo.com saja yg terkena efeknya.

Yahoo baru saja mengubah kebijakan DMarc  untuk secara proaktif melindungi pengguna yahoo dari email spam yang menggunakan alamat email berakhiran Yahoo.com ‘ dari server mail lain seperti profitsender dsb . Ini merupakan langkah untuk mengamankan identitas email pengguna yahoo dari yang digunakan oleh “pengirim yang tidak sah” . Nah karena anda mengirim email dari server kami (profitsender) Maka oleh yahoo dianggap tidak sah, maka akan di reject.

Cara Kerja DMARC:

DMARC

Dengan menerbitkan record : “p=reject”  , Yahoo mengatakan sistem compliant DMARC lain untuk menolak email dari pengguna Yahoo yang tidak benar-benar berasal dari server Yahoo. Kasus Ini hanya mempengaruhi mail dengan alamat Yahoo.com saja. Karena esp lain seperti gmail masih menerbitkan record: “p=none”  ,  yang artinya Gmail tidak memberitahu server email lain bagaimana menangani pesan dari alamat gmail.com walaupun gagal cek DMARC .

Tes otentikasi DMARC terbaru dari Yahoo fungsinya adalah untuk melakukan pemeriksaan berikut:

“From” address harus sama dengan domain pengirim = Artinya alamat email yahoo hanya bisa digunakan untuk mengirim email jika memang anda mengirim dari server yahoo atau Compose email langsung dari mailbox yahoomail.com

Berikut contoh kasus klien profitsender yang emailnya terblokir karena menggunakan alamat email yahoo pada kolom From email:

** R=lookuphost T=remote_smtp: SMTP error from remote mail server after end of data: host gmail-smtp-in.l.google.com [173.194.77.27]: 550-5.7.1 Unauthenticated email from yahoo.com is not accepted due to domain’s\n550-5.7.1 DMARC policy. Please contact administrator of yahoo.com domain if\n550-5.7.1 this was a legitimate mail. Please visit\n550-5.7.1 http://support.google.com/mail/answer/2451690 to learn about DMARC\n550 5.7.1 initiative. sd1si21689276obb.46 – gsmtp

Contoh diatas adalah pesan dimana email campaign / autorespondernya menggunakan alamat email yahoo dan penerimanya (subscriber) menggunakan gmail .

Dan pada kasus dimana email autoresponder menggunakan yahoo dan penerimanya/subscribernya juga menggunakan alamat email yahoo, berikut contoh pesan bouncing yang diterima oleh sistem kami :

2014-04-21 22:18:17 1WZAvw-0008FY-BO ** edited@yahoo.com R=dkim_lookuphost T=dkim_remote_smtp: SMTP error from remote mail server after end of data: host mta6.am0.yahoodns.net [98.138.112.34]: 554 5.7.9 Message not accepted for policy reasons. See http://postmaster.yahoo.com/errors/postmaster-28.html

Jadi intinya pesan tidak bisa masuk ke yahoo karena yahoo tidak dapat memverifikasi bahwa itu berasal dari sumber pengiriman email yang SAH/ Legitimate sender.

Email Anda gagal karena pemeriksaan otentikasi industri yang yahoo gunakan untuk memverifikasi email harus benar-benar terkirim dari domain yang mereka klaim itu berasal.

Lalu Apa Solusinya?

Sebenarnya solusinya mudah saja,

1.cukup ganti From Email Address : @yahoo.com dengan alamat email lainnya, sangat disarankan menggunakan email domain pribadi anda sendiri. Namun bila tidak memiliki domain sendiri bisa menggunakan email dari gmx.com atau mail.com atau bisa juga request kepada kami agar di buatkan email forwarder:  namaanda@profitsender.com

no-yahoo1

2. Sebisa mungkin hindari menggunakan email gratisan seperti @yahoo.com, @hotmail.com, @gmail.com, or @aol.com. sebagai alamat From Email Address. Walaupun saat ini hanya Yahoo.com yang terkena dampaknya, namun kita tidak tahu kedepannya ..

3. Jika settingan autoresponder anda sudah terlanjur menggunakan yahoo, silahkan Rubah sekarang juga.

4. Ini juga sangat penting: Bila pada saat membuat email konfirmasi juga terlanjur menggunakan Yahoo, segera edit, karna subscriber baru tidak akan menerima email yg berisi link aktivasi, sehingga efeknya status subscription mereka akan pending terus. Caranya sangat mudah, klik nama list anda => lalu klik pengaturan/setting. maka akan muncul tampilan berikut:

editemail2

Catatan: Kasus ini mulai terjadi pada bulan april 2014  saja.

 EDIT: @Aol.com juga mulai melakukan hal yang sama dengan yahoo:

AOL Mail updates DMARC policy to ‘reject’

Detail bisa dibaca disini: http://postmaster-blog.aol.com/2014/04/22/aol-mail-updates-dmarc-policy-to-reject/

Siapa yang tahu penyedia layanan email gratisan yg lain juga mungkin segera menyusul. Jadi Langkah paling aman dan mudah adalah menggunakan email dari domain pribadi anda sendiri.

  • khairudin

    Memang yang terbaik menggunakan email dari domain sendiri, saya dengar2 katanya Aol juga ikutan ga bisa dmarc nya kayak yahoo

    • Betul sekali, 3 minggu setelah yahoo, Aol ikutan menyusul, postingan juga sudah saya edit. Dan untuk akun baru juga sudah di setting tidak akan bisa input email yahoo & aol sebagai from / reply address