Mengapa Double Optin Penting Dalam Dunia Email Marketing ?


Email Marketing, General

double optin

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai topik ini, Sebelumnya saya ingin menjelaskan terminologi “OPT-IN” dalam email marketing. Opt -in artinya adalah sebuah alamat email yg baru mulai berlangganan (subscribe) . Ada dua metode berlangganan email / Subscription :

  • Single opt-in subscription
  • Double opt-in subscription

 

Mari kita bahas satu per satu

Single Opt-in Subscription

Metode ini hanya melibatkan satu kali klik langsung aktif berlangganan/subscription. Pengunjung website Anda hanya cukup memasukan Nama dan alamat email mereka pada formulir berlangganan (optin form) Anda . Setelah klik submit/subscribe maka langganan mereka langsung diaktifkan saat itu juga .

Pro :

  • Berlangganan Instan (Instant Subscription)
  • Konversi juga pasti lebih tinggi . Karena hanya membutuhkan satu kali action untuk berlangganan email, Maka tentunya Anda akan mendapatkan lebih banyak pelanggan/subscriber.

 

Kontra :

  • Siapapun dapat menggunakan alamat email orang lain atau asal-asalan untuk berlangganan, sehingga menyebabkan bouncing lebih tinggi dan juga komplain spam yang tinggi.
  • Email dengan kesalahan ketik juga dapat berlangganan. contoh: blabla@yaho.co.id (kurang satu huruf o) atau blabla@gmai.com (kurang satu huruf l) Anda akan terkejut betapa banyak orang yg salah ketik. Dan Hal ini menyebabkan Hard bouncing, selanjutnya mengakibatkan kinerja pengiriman email menurun.
  • Daftar subscriber lists Anda kemungkinan besar memiliki beberapa alamat email yang tidak valid atau palsu , yang dapat menyebabkan Open rate anda rendah serta tingkat unsubscribe yg tinggi.

 

Double opt-in subscription

Sesuai dengan namanya “Double” Ini adalah proses berlangganan email dengan dua step . Pertama, pengunjung memasukkan alamat email mereka pada formulir berlangganan Anda . Setelah formulir dikirimkan, sistem akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email tersebut.

Berikutnya pengunjung wajib membuka email konfirmasi yang diterima dan klik link konfirmasi berlangganan itu. Setelah link ini diklik, maka barulah langganan/subscription akan diaktifkan.

Jika link ini tidak diklik, maka status langganan tetap pending atau “tertunda” . Tidak akan pernah diaktifkan dan tidak akan menerima email.

Pro :

  • Daftar list Anda akan berisi 100% pelanggan aktif dan umumnya lebih responsif terhadap email yg anda kirimkan.
  • Email Anda akan memiliki tingkat open rate yg lebih tinggi karena penerima Anda akan sangat responsive.
  • Nyaris tidak ada Hard bouncing karena alamat email tidak valid, keluhan spam dan tingkat berhenti berlangganan pun sangat rendah, yang berarti kinerja pengiriman juga lebih baik.

 

Kontra :

  • Proses ini dapat menjadi rumit bagi sebagian orang. Karena beberapa pengunjung yang kurang mengerti hanya meninggalkan proses ditahap ke satu sebelum mengkonfirmasikan langganan mereka. Namun biasanya hal ini dapat di antisipasi dengan memberikan hadiah berupa ebook gratis dsb. Serta dengan membuat halaman pending optin dan thankyou page sendiri.
  • Tingkat konversi Agak Kurang.

 

Metode Berlangganan Mana Yang Harus Anda Pilih ?

Setiap metode tentunya memiliki kelebihan serta kekurangan. Oleh karena itu, kami tidak dapat menyarankan satu atas yang lain .

Namun, dengan menggunakan metode opt-in yang tepat pasti akan membantu Anda mencapai tingkat open rate email yang lebih tinggi, dan tentunta akan menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.

Untuk daftar list generik seperti blog atau situs pribadi yang rutin di update dengan artikel2 baru, menggunakan konfirmasi double opt-in mungkin lebih cocok. Formulir berlangganan ini biasanya mendapatkan penayangan dan subscription rates yang lebih tinggi .

Oleh karena itu , titik fokus Anda harus memperoleh active, engaged subscriptions. Dan ini hanya mungkin dilakukan dengan metode double opt-in.

Di sisi lain, metode langganan opt-in tunggal (single optin) dapat menghasilkan hasil yang lebih baik untuk ” peristiwa tertentu ” bentuk langganan seperti berikut :

  • Daftar pemberitahuan Diskon
  • Daftar sidang Produk
  • Berlangganan untuk mendapatkan akses
  • Berlangganan untuk mempelajari lebih lanjut (learn more..)

Single Opt-in bekerja karena para pengunjung sudah tertarik dan siap untuk berlangganan . Yang harus mereka lakukan hanyalah memasukkan alamat email mereka, klik tombol subscribe dan langsung aktif.

Dengan demikian , tujuan utama Anda dalam situasi ini adalah untuk mendapatkan alamat email mereka secepat mungkin .

Namun Untuk saat ini di ProfitSender hanya member tahunan saja yang kami buka single optin nya.

Kami juga ada berita bahwa akhir bulan november 2014 ini kami akan merilis fitur baru yang bernama email automation.

Plugin Otomatisasi Email ini akan mengizinkan Anda untuk mengatur “even yang dipicu” oleh email pintar . Ini adalah solusi yang fantastis untuk setiap pemilik website yang memiliki sistem keanggotaan / pengguna seperti SaaS, situs e-commerce/toko online, blog, forum, dll.

Dalam hitungan detik , Anda akan dapat mengatur email secara otomatis seperti;

  • Email otomatis bagi pengguna yg dalam masa percobaan (trial periode)
  • Menarik kembali customer yg berhenti/cancel layanan anda (Win back)
  • Mengirim email kepada customer yang mengabaikan keranjang belanja/Shopping cart.
  • Instant email ketika pengguna mengakses fitur tertentu atau halaman pada website Anda
  • dan banyak lagi …

1automation