Cara Mengirim Campaign Atau Broadcast Disertai Gambar

Walaupun di menu video training telah tersedia tutorial lengkap, namun ada beberapa support tiket yang masuk menyarankan agar Profit Sender juga  membuat tutorial dalam bentuk tulisan disertai gambar.

Maka kami akan memulai dengan tutorial cara mengirim email kampanye atau biasa juga di sebut broadcast.

1. Klik tombol “Campaigns” di menu utama (jika anda menggunakan setting bahasa inggris)

*Atau klik “Broadcast” Jika anda menggunakan setelan bahasa Indonesia

Broadcast Email Marketing

2. Anda juga dapat langsung mengklik tombol “Buat Kampanye Baru” dari menu Akses Cepat / Quick Access dikanan atas .

Campaign Email Marketing

3. Klik tombol “Create New Campaign

*Atau tombol “Buat Kampanye Baru” (jika anda menggunakan setelan bahasa Indonesia)

Kemudian isikan semua pengaturan/setting campaign anda

Broadcast Email Marketing Step 4

  • Campaign Name/ Nama Kampanye : Bisa anda isi dengan apa saja, hanya sebagai penanda dan tidak terlihat oleh subscriber anda. ( hanya anda yang bisa melihat )
  • Recipients/ Penerima: Pilih daftar lists yang ingin Anda kirimkan broadcast. Tahan tombol Cntrl saat mengklik untuk memilih lebih dari satu daftar/lists.
  • A/B Split Testing : A/B Split testing akan di bahas dalam video tutorial tersediri .
  • Publish this campaign in RSS feeds/Publikasikan kampanye ini di RSS Feeds :Anda harus mencentangnya jika anda ingin subscribers anda melihat broadcast ini dalam list/ daftar rss feeds mereka. Lebih lanjut mengenai RSS Feeds bisa anda baca disini.
  • Google Analytics Integration/Integrasi Google Analytics:  Jika anda ingin mentracking/melacak apa saja yang subscriber anda lakukan dari mulai mengklik link hingga apa yang mereka lakukan setibanya di situs/domain anda maka anda bisa mengaktifkan fitur ini, lalu masukan domain yang ingin anda lacak di kolom yang telah disediakan. Namun PERLU diingat agar fitur ini dapat bekerja dengan baik domain yang anda masukan haruslah sudah dipasangkan kode java script dari Google Analytics. Kode tersebut bisa anda dapat gratis dengan mendaftar di http://www.google.com/analytics/

 

4. Sekarang pilih cara yg Anda inginkan untuk membuat email.  Ada 4 opsi dan masing-masing telah disertai dengan penjelasan.

Cara Broadcast Email Step 5

 

5.  Informasi Pengirim / Sender: Masukkan Nama dan Alamat Email utama anda (Tidak Disarankan menggunakan email gratisan seperti aol, gmail atau hotmail) Dan DILARANG KERAS Menggunakan alamat email yahoo [Baca alasannya disini] Namun gunakanlah alamat email dari domain anda sendiri seperti admin@domainanda.com karena dapat meningkatkan delivery rate anda. Jika anda belum memiliki domain sendiri dan terpaksa menggunakan email gratis, maka gunakan gmail.com atau mail.com .

Broadcast Step 6

 

6. Content Settings: Disinilah tempat anda memasukan isi email anda.

Broadcast  email

 

7.  Anda dapat mengirim email dalam bentuk/format HTML ataupun Text polos . Harap diingat bahwa pelacakan /tracking link HANYA bekerja jika anda menggunakan format HTML!

Format Email Marketing

 

8. Anda dapat mempersonalisasi subjek atau judul email jika Anda inginkan. Harap dicatat bahwa tag PENGGUNA adalah informasi ANDA! Informasi Pelanggan untuk pelanggan/subscriber daftar/lists Anda.

9. Mengklik pada tanda % akan menampilkan menu personalisasi dalam editor utama. Harap dicatat bahwa tag PENGGUNA adalah informasi ANDA! Informasi Pelanggan untuk pelanggan/subscriber Anda. Jadi jika anda ingin menambahkan first name untuk subscriber anda ambilah dari tag informasi pelanggan/ Subscriber Information, lalu klik custom field First Name. (custom field harus anda buat dahulu, cara membuatnya dapat anda tonton langsung di video training dengan judul ” Video Panduan Cara Membuat Custom Field/Personalisasi “

 

10. Anda tidak akan dapat mengirimkan email tanpa memasukan link berhenti berlangganan (Unsubscription Link) yang bisa ditemukan di:  % -> List Links -> Unsubsciption Link

 

11. Sekarang saatnya untuk mereview isi Kampanye/Broadcast anda sebelum dikirim
Review Broadcast
  • Preview Campaign’s Content: Dari sini Anda dapat mengirim sendiri preview kampanye Anda, atau hanya melihatnya tepat di browser Anda. Kami SANGAT mendorong Anda untuk mengirimkan salinan dan mengkonfirmasi semua link, dll bekerja!
  • Spam Filter Test: Pada intinya skor yang lebih rendah di total poin lebih baik. Pastikan hasil test anda tidak lebih dari 5-6 poin karena jika lebih dari 6 poin dapat dipastikan email anda TIDAK akan masuk ke Inbox / Kotak Masuk namun akan nyangkut di spam/bulk folder.  Salah satu tips untuk menurunkan poin dengan sedapat mungkin menghindari kata2 spam disini .  Jika jumlah poin sudah dibawah 5 silakan klik next atau tombol Berikutnya.

 

12.Pada titik ini campaign atau broadcast anda telah berhasil di saved. Sekarang saatnya menset penjadwalan pengiriman broadcast.

Schedule Campaign

* Jika anda pilih Sekarang atau Now dan klik tombol save – maka email broadcast akan langsung terkirim saat itu juga.

 

13. Pilih tanggal, zona waktu dan Jam serta menit untuk mengirim kampanye.

Penjadwalan Broadcast Email MArketing

Jika anda memilih opsi: On given Date and time /Pada tanggal dan waktu tertentu, maka email akan terkirim sesuai dengan setelan penjadwalan yang telah anda lakukan.

14. Setelah Broadcast / campaign terkirim, Anda bisa share ke berbagai social media populer

socialmedia

Catatan: Untuk panduan broadcast email masal dalam bentuk video dapat Anda akses DISINI