Tips Menulis Email Yang Pasti Dibuka, Dibaca & Di Klik


Email Marketing

email-marketing-tips

Anda mungkin sudah pernah mengalami hal berikut ini …

Anda membuat email anda secara hati-hati, memoles setiap kalimat. Dan memeras otak Anda untuk menulis Judul email /subjek yang terbaik.

Kemudian Anda menekan tombol publish campaign.

Tapi ketika Anda melihat statistik email Anda, Anda melihat bahwa email yang dibuka (Open rate) tidak sebaik yang Anda harapkan, dan link yang di klik juga mengecewakan..

Pada email marketing tips kali ini Anda akan mempelajari beberapa hal penting agar anda dapat menulis email yang banyak dibuka, dibaca, dan diklik.

Bagaimana cara membuat email yang dinantikan oleh subscriber Anda

Sebelumnya saya ada pertanyaan untuk anda:

Email mana yang sangat Anda nantikan untuk dibaca: email dari teman baik Anda atau email dari sebuah perusahaan besar?

Pilihan yang mudah, bukan?

Ketika mengirim broadcast email ke list subscriber Anda, apa yang Anda lakukan? Apakah Anda menulis seolah-olah Anda akan mengirimkan email ke sejumlah besar orang tak dikenal? Atau Apakah Anda menulis email seperti marketing sebuah perusahaan besar ?

Jika Anda ingin subscriber Anda ingin selalu menanti-nantikan email anda, Maka Anda harus segera mulai memperlakukan subscribers anda seperti seorang teman.

Ingat Rumus nya: Know – Like – Trust

Cobalah untuk membuat desain email yang lebih minimalis. Menulis dengan lebih friendly dan respect.

Berikut 8 tips agar email2 anda selalu dinantikan oleh subscriber anda …

1. Stop berbicara tentang list Anda. Berhenti berbicara tentang subscribers anda. Menulislah seolah-olah Anda mengirim email kepada satu orang saja. Hal ini akan membuat email Anda lebih pribadi.

2. Berhenti membuang-buang waktu orang. Hanya email subscriber anda ketika Anda memiliki sesuatu yang benar-benar penting atau helpful.

3. Berikan Manfaat! Jangan hanya mengirim email ketika Anda membutuhkan sesuatu dari subscriber Anda. Cobalah untuk Membantu. Lebih murah hati. Lebih ramah.  seperti teman sejati.

4. Gunakan nama asli anda. Masukan nama dan reputasi di email anda. Akan membuat email more personal.

5. Be trustworthy. Biarkan orang tahu apa yang diharapkan dari anda. Boleh2 saja mengirimkan email promosi sekali-kali. Hanya pastikan subscriber anda tahu jelas diawal ketika mereka mendaftar newsletter anda.

6. Jangan Kaku Gunakan Personalisasi. Jangan ragu untuk personalisasi email, tapi jangan mengulangi nama orang terlalu sering di email, karena membuat email Anda terdengar seperti robot.

7. Pahamilah subscriber anda. Mengingatkan orang bahwa mereka tidak sendirian. Memberitahu mereka bahwa Anda memahami perjuangan mereka. Berempati dengan mereka, dan tanyakan bagaimana Anda dapat membantu mereka.

8. Berikan subscriber anda hadiah untuk membaca. Pastikan orang mendapat manfaat dari membaca email Anda. Bagaimana caranya? Bagikan tips2 yang berguna. Membuat mereka merasa lebih baik. Menginspirasi mereka.

Bagaimana Cara agar email Anda dibuka ?

Kebanyakan inbox orang2 sudah padat – Penuh dengan hal2 yang tidak menarik, email2 yang membosankan.

Email Anda akan dengan mudah tenggelam dalam lautan email. Dan tab Gmail yang baru juga membuat lebih sulit agar email kita mendapatkan perhatian pelanggan.

Bagaimana cara menulis judul email menarik yang membuat email Anda menonjol … yang menggoda orang untuk membuka email Anda?

Email Subject Line anda harus bisa menarik perhatian, seperti head line news. Berikut beberapa tips :

1. Janjikan sesuatu yang bermanfaat. Jika orang tahu secara pasti apa yang akan mereka pelajari atau bagaimana tepatnya Anda akan membuat mereka bahagia, lebih banyak informasi untuk memajukan bisnis online mereka, Maka mereka akan gatal untuk membaca isi email anda lebih lanjut.

2. Gunakan Powerful Words. Kata-kata sensorik dan emosional menarik perhatian, dan akan membuat subject line Anda menonjol di inbox pelanggan anda.

3. Gunakan nomor. Karena angka – lebih eye catching dibandingkan hanya huruf.

4. Buat Judul yang membuat pembaca anda penasaran . Jangan takut untuk sesekali menggunakan kata-kata aneh yang tidak biasa & Menggelitik. Pembaca Anda akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut.

5. Sederhana, terkadang baris subjek yang sederhana namun spesifik mengalahkan judul email yang terlalu canggih.

6. Ber eksperimenlah. Jangan takut mencoba sesuatu yang baru. Berani tampil beda. Anda akan terkejut dengan hasilnya 😉

7. Belajar dari pakarnya. Berlangganan/subscribe ke mailing list para pakar internet marketing dan analisa judul email / subject line mereka. Saya jamin anda akan mendapatkan ilmu dari mereka para “Mastah”.

8. Jangan terlalu memikirkan panjang atau pendeknya judul email anda. Bahkan pada saat kampanye Obama pernah mengirimkan email dengan hanya satu kata di judulnya: “Hey”. Fokuslah untuk membangun hubungan yang nyata sehingga pembaca Anda mengantisipasi email Anda dan mereka akan membuka email anda hanya karena mereka mengenali nama Anda di judulnya – bahkan ketika judul email anda tidak menarik sekalipun.