Profit Sender Deliverability Rate – Tingkat Kesuksesan Rata-Rata Pengiriman Email

Beberapa orang, baik Profitsender customer ataupun calon customer, sering kali menanyakan tentang Deliverability rate atau persentase tingkat kesuksesan rata2 pengiriman email di ProfitSender.

Delivery rate profitsender

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menentukan delivery rate ini. Secara internal kami melacak (tracking) berbagai metrics deliverability rate email kami, diantaranya dengan mengukur jumlah email yang terkirim dibandingkan dengan email yang bouncing back (memantul kembali) ke server kami. Selain secara internal kami juga memonitor deliver-ability rate dengan menggunakan jasa third part (Pihak Ketiga) perusahaan2 yang khusus dan expert dibidang monitoring pengiriman email seperti delivery ip monitor, SpamAssassin, SpamHaus dsb.

Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga berbagai IP Address range pengiriman email server ProfitSender agar tetap clean (tidak terkena blacklist), Berikut ini hasil cek Ip kami pada saat postingan blog ini ditulis (30 December 2012) :

Profit Sender Blacklist cek

Seperti yang bisa Anda lihat pada Screen Shot diatas, IP Address Kami sampai saat ini CLEAN – Tidak ada yang terkena blacklist di mayoritas ISP besar.

OKE….!

Sebelum kita lanjut lebih jauh, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan deliver-ability rate ?

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya,  Deliverability Rate email adalah: sejumlah email terkirim oleh mailing server yang berhasil sampai ke tujuannya (mailbox penerima).

Ketika kita berbicara tentang layanan/jasa autoresponder, deliverability rate email adalah kriteria yang PALING penting. Dan Kami sebagai penyedia jasa layanan Autoresponder sangat memahami pentingnya hal ini, Tim ProfitSender telah menghabiskan banyak waktu untuk memastikan tingkat deliverability setinggi mungkin. Perlu anda ketahui Ini bukanlah suatu hal yang mudah! Dan tidak hanya berhenti di situ saja – Tim kami juga secara rutin maintenance/memelihara untuk memastikan tingkat deliverability kami tetap tinggi!

Sebagai hasilnya kami akan mempublish persentase deliverability rate ProfitSender agar ada transparency antara kami sebagai penyedia layanan dan Anda sebagai pengguna jasa / member.

Catatan: Tidak banyak penyedia jasa email marketing yang mempublish data delivery rate nya. Saya yakin sampai pada saat artikel ini ditulis, khususnya di Indonesia belum ada yang mempublish data ini secara terang-terangan.

Baiklah berikut tingkat deliverability rate ProfitSender.com

Note : Score diatas 90 sudah dianggap bagus, dibawah 90 standard & dibawah 80 kurang bagus.

DeliveryRate-ProfitSender.com

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar diatas, rata2 tingkat deliverability rate ProfitSender.com adalah 99  (1 tingkat dibawah score sempurna) Sangat tidak mungkin Mencapai nilai / score 100 karena beberapa faktor yang saya sebutkan diatas..! Namun kami cukup berbangga hati atas pencapaian score 99 😉

Saya juga membandingkan (study case) dengan salah satu penyedia email marketing papan atas, berikut ini:

Dan berikut hasil Sender Score kami:

Sender Score Profit Sender

NB: IP Address dan Hostname sengaja saya buramkan karena merupakan privacy dan untuk mencegah penyalah gunaan

Dari hasil Study Case diatas Anda bisa menilainya sendiri bukan…?

Bahwasannya deliverability rate kami tidak kalah oleh ESP (Email Service Provider) papan atas yang notabene harga sewa bulanannya sangaaattt jauh diatas ProfitSender  🙂

 

Feedback loop & Whitelist

ProfitSender juga sudah 2 tahun ini turut aktif berpartisipasi dalam program Feedback loop dihampir semua ISP besar.
Kami akan secara otomatis menghapus pelanggan/subscriber yang menandai email Anda sebagai spam. Karena kami akan mendapat peberitahuan dari pihak ISP (Internet Service Provider) seperti AOL, Hotmail, Yahoo! dsb

Jika ada diantara Anda yang belum mengerti cara kerja Feedback Loop, silakan lihat diagram berikut ini:

Profit Sender Feedback Loop

Jadi Garis besarnya sistem di ProfitSender TIDAK AKAN pernah mengirimkan email lagi kepada subscriber yang telah menekan tombol spam, bukannya menekan link unsubscription dibagian bawah email untuk berhenti enerima email.

ProfitSender juga terus berusaha agar dapat terus masuk daftar White List di mayoritas ISP besar.

Automatic Cleaning List

Menjaga daftar/list Anda tetap bersih juga adalah salah satu kunci untuk menjaga Top deliverability. Itulah sebabnya kita langsung memproses semua permintaan opt-out  dan bounce email secara otomatis untuk Anda. Hal ini meningkatkan reputasi IP sebagai pengirim email serta memastikan CAN-SPAM compliance dan sebagai hasil akhirnya meningkatkan pengiriman masuk ke Inbox subscriber Anda.

Salam Profit & Selamat Tahun Baru 2013,

Autoresponder Indonesia

  • Ridho Gustian

    Eh…jadi subscriber yang mengklik tombol spam akan langsung dianggap unsubscribe, ya?

    Pak, saya mau nanya dulu, berhubung kayaknya tertarik bergabung dengan profit sender.

    1. Kalo misalnya subscriber nggak sengaja menekan tombol spam gimana?

    2. Bisa nggak profit sender digunakan untuk prospek dari luar negeri?

    3. Form dari profit sender boleh diedit, nggak? Biar lebih matching sama website.

    4. Gimana cara subscriber unsubscribe? Apa ada link unsubscribe-nya di bawah?

    5. Bisa nggak saya masukin kode pos alamat saya di bawah email yang saya kirim? Soalnya katanya email yang ada kode pos di bawahnya lebih besar kemungkinan masuk kotak masuknya.

    Saya tunggu jawabannya ya, pak. Semoga autoresponder Indonesia bisa setara sama autoresponder luar negeri.

    Thank you.

    • Halo Ridho, Terima kasih atas minat anda ingin menggunakan Jasa Kami,
      Menjawab pertanyaan anda:
      1. Kalo misalnya subscriber nggak sengaja menekan tombol spam gimana?
      Jawab: Otomatis masuk ke suppression list dan tidak akan dikirimkan email lagi, karena sifatnya sudah otomatis dan untuk menjaga reputasi Ip address pengiriman email, lagipula menurut pengalaman kami sangat jarang sekali subscriber secara tidak sengaja menekan tombol spam
      2. Bisa nggak profit sender digunakan untuk prospek dari luar negeri?
      Jawab: Tentu bisa, karena di menu settingan memang tersedia 2 bahasa Indonesia dan Inggris, plus sudah banyak klien kami yg memiliki subscriber luar negri
      3. Form dari profit sender boleh diedit, nggak? Biar lebih matching sama website.
      Jawab: Tentu saja boleh, bahkan kami memberikan plugin wordpress + Template optin form cantik untuk member2 ProfitSender
      4. Gimana cara subscriber unsubscribe? Apa ada link unsubscribe-nya di bawah?
      Jawab: Yup Tentu saja sudah otomatis, user/member tidak dapat mengirimkan email jika tidak mencantumkan Link unsubscribe
      5. Bisa nggak saya masukin kode pos alamat saya di bawah email yang saya kirim? Soalnya katanya email yang ada kode pos di bawahnya lebih besar kemungkinan masuk kotak masuknya.
      Jawab: Jelas bisa, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengisi alamat anda di profile, dan disertai kode pos, maka nanti di footer tinggal di include kan saja short code/custom fieldnya

      Demikian Salam Profit,
      Admin

  • Pingback: Manakah yang terbaik? Email Format HTML atau Text Polos? | Autoresponder Indonesia|Email Marketing-Unlimited Autoresponder()

  • Adakah kemungkinan di block sama isp ?

    • Kemungkinan terblock tentu masih ada namun sangat minim karena kami sudah melakukan white list dan mengikuti semua ketentuan yg ada. lagipula jika sampai terjadi block/defer terhadap salah satu IP, kami masih memiliki beberapa IP address lainnya yang siap di switch.