Judul (Subject) Email Anda Sangat Mempengaruhi Open Rates

Judul Email adalah bagian paling penting dari email Anda, tetapi seberapa sering Anda memperhatikan judul email anda? Karena merancang judul email yg baik sangat mempengaruhi tingkat open rate atau pembaca email anda.

1subject

Apa pun yang ingin Anda capai dengan email marketing  sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan baris judul/subjek line Anda jika Anda ingin menaikan tingkat open rate. Karena sebagus apapun delivery rate profitsender dan sebaik apapun isi email anda percuma saja bila tidak ada yang membuka nya bukan? Bila tidak dibuka , otomatis email anda tidak dibaca oleh subscriber anda.

Bagaimana baris judul email / subject line mempengaruhi open rate?

Judul email adalah yang pertama dan mungkin satu-satunya hal yang subscriber atau penerima email Anda lihat ketika email Anda mendarat dalam kotak masuk mereka. Artinya jika Anda ingin subscriber untuk membuka email Anda, maka judul nya harus anda buat semenarik mungkin sehingga membuat mereka penasaran dan ingin membaca lebih lanjut.

Selama bertahun-tahun banyak perusahaan2 email marketing menghabiskan waktu untuk meneliti dampak judul email yang berbeda dan efeknya terhadap open rate dan menemukan korelasi langsung antara beberapa jenis judul email yang berbeda dan tingkat open rate yang tinggi (atau rendah).

Apa yang harus dihindari dalam baris subjek email ?

Ketika kita bicara tentang tehnik agar email Anda banyak dibuka & dibaca orang, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghindari menggunakan kata-kata spam dan hindari juga penggunaan karakter aneh2 di baris subjek email Anda, karena email Anda dijamin akan terfilter oleh isp dan dikirim langsung ke junk mail. Kata-kata seperti “Free” , “GRATIS” , “SALE” dan “BUY NOW” sangat tidak disarankan, serta hindari juga teknik tanda baca seperti menggunakan semua hufuf besar (capital) dan tanda seru yang berlebihan.

Kebanyakan ISP memiliki daftar kata2 ‘Spam’ yang bisa memicu sistem penyaringan otomatis dan membuat email dialihkan langsung ke folder junk / spam mail.

Bahkan setelah email Anda masuk ke inbox subscriber Anda, apa yang Anda katakan di Judul email akan membuat perbedaan besar apakah email anda akan dibuka atau tidak.

Berikut adalah tiga hal penting yang harus dihindari:

  1. Jangan terlalu mencolok, sok pintar atau lucu karena hal ini malahan dapat menjadi efek yang berlawanan.
  2. Kecuali Anda menargetkan segmen khusus untuk penerima Anda, hindari membuat baris subjek Anda terlalu panjang.
  3. Baris judul email yang berulang-ulang. Jika Anda mengirim email pengingat untuk acara event atau promosi, pastikan Anda menyimpan baris subjek asli jika Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik.

 

Cara membuat baris subjek yang menghasilkan tingkat open rate tinggi:

2subject

Berikut beberapa tehnik yang telah terbukti manjur dalam meningkatkan open rate:

  • Lokalisasi. Menyediakan informasi berguna yang disesuaikan bagi seseorang adalah cara yang pasti untuk mendorong mereka untuk membuka email. Meskipun menggunakan nama penerima belum terbukti membuat banyak perbedaan open rate, namun lokalisasi dengan menyisipkan first name di judul email dapat sangat efektif.
  • Be RELEVANT. Jika memungkinkan, cobalah untuk membuat baris subjek yang berhubungan dengan masalah atau experience yang mungkin penerima email Anda miliki. Jika email Anda berisi sesuatu yang relevan untuk mereka, dipastikan mereka akan membukanya dibandingkan jika email anda tidak relevan atau bersifat umum/generik.
  • Buatlah misterius. Sedikit misteri dalam baris subjek juga baik, dan jika Anda dapat menciptakan rasa penasaran kepada subscriber Anda, maka anda dapat memiliki kesempatan baik untuk meningkatkan open rates. Salah satu cara yang bagus untuk melakukan hal ini adalah membuat pertanyaan pada judul email Anda.

 

Analisa sebuah perusahaan email marketing :

Perusahaan tersebut membandingkan open rate dan deliverability dari 180 juta email berdasarkan Judul email mereka. Subject Line dikelompokkan menjadi 4 kategori:

1. Tidak ada personalisasi. Dalam email tersebut, baris subjek yang sama dikirim ke semua penerima.

2. Di personalisasi dengan hanya nama penerima. Dalam email ini nama penerima digunakan dalam baris subjek tetapi tidak ada bentuk personalisasi lain.

3. In Depth Personalisation. Dalam email tersebut, Judul email dipersonalisasi sesuai profil penerima.

4. Judul email menggunakan karakter khusus dan huruf besar.

Dan berikut hasilnya:

1open

 

Kesimpulannya Personalisasi dapat membuat perbedaan besar untuk open rate email Anda, bahkan jika Anda hanya menggunakan nama seseorang di baris subjek.  Personalisasi tidak ribet, mudah dan layak dicoba!

Meningkatkan email Anda terbuka dapat mengambil sedikit waktu dan usaha tetapi baris subjek besar adalah awal yang baik dan bisa mendapatkan pemasaran email Anda menuju ke arah yang benar.

To Your Email Marketing Success,

Profit Sender Dot Com

Dapatkan tips & trik bisnis langsung ke Inbox anda.. Gratis!

Subscribe, Klik disini!