Format Email Manakah yang Terbaik – HTML Atau Text Polos Sederhana?


Deliverability, Email Marketing, General

Sudah banyak sekali diskusi tentang hal ini, manakah yang lebih baik? Mengirim email dengan HTML format atau text polos ?

HTML Email Atau Text Polos

 

Memang menurut kami pribadi masing-masing ada kelebihan dan kekurangan pastinya, silakan simak analisa kami berikut ini…

Ada beberapa kesalahpahaman akhir-akhir ini … Pengirim Email percaya bahwa open rates dan konversi mereka akan naik ketika mereka mengirim email mengkilap dengan gambar, banyak warna, banyak kolom, menggunakan berbagai font yang berbeda ukuran, dll..

Saya pribadi punya prinsip KISS – Keep It Simple Stupid, Bahkan lihatlah raksaksa internet Google sangat sederhana sekali bukan tampilannya? salah satu CEO Google pernah berkata “Simplicity is Nice”

Kita kembali ke Email…

Email adalah sarana komunikasi terbesar di internet antara pemilik bisnis dan pelanggan. Seperti telepon … Ketika Anda menelfon pelanggan anda, Apakah Anda berbicara dengan pelanggan Anda di telepon dengan menggunakan video chat? Atau apakah Anda hanya menelepon dan berbicara dengan mereka? Pastinya hanya telfon langsung dan bicara tanpa perlu video chat bukan…

Jadi, mengapa kita harus membuat hal-hal lebih rumit ketika berkomunikasi dengan email? Padahal semuanya bisa dibuat simple..! Tetap gunakan email polos, sederhana namun konversi tetap tinggi…

Plain Text Email

1plain-text versus-html-emails
Kelemahan & Kelebihan:

Text polos sudah pasti tidak memiliki format HTML sama sekali. Sehingga semua link url yg ada di dalam email yang terlihat langsung seperti apa adanya, Anda tidak dapat menebalkan (bold) atau menggarisbawahi teks. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan para email marketer  adalah menambahkan personalisasi ke email, seperti Halo “First Name.”

Namun kelebihan dari format text polos adalah spam scorenya sangat rendah, Jadi jika Anda mengirim email ke pelanggan/subscriber yang memiliki filter spam yang canggih atau firewall kemungkinan besar mengirim email plain text akan lolos dan masuk ke Inbox pelanggan. Disamping itu jika audience Anda banyak yang membuka & membaca email menggunakan perangkat mobile smart phone seperti Blackberry dsb, maka email text polos biasa sudah pasti akan terlihat/terbaca sangat baik pada perangkat mobile dibandingkan email dengan format HTML.

Berikut ini beberapa saran untuk Anda – Apakah Anda mengirimkan email pemberitahuan, newsletter bulanan atau email produk update, tidak masalah sama sekali, semua tips dibawah ini bisa anda coba;

  •     Jangan menggunakan banyak kolom

Kolom membuat email Anda rumit dan sulit untuk fokus. Sebisa mungkin gunakanlah hanya satu kolom sehingga mempermudah subscriber anda membaca email

  • Email HTML Tanpa Gambar – Hanya Gunakan Gambar bila diperlukan saja

    Ya, Ini penting. Gunakan gambar bila diperlukan saja. Hapus gambar twitter, facebook dan link gambar media sosial lainnya dari isi konten email Anda. Ingat buatlah sederhana. Sebuah gambar tunggal untuk topik utama email Anda sudah lebih dari cukup. Walaupun Ini adalah email HTML tetapi gunakan hanya beberapa elemen HTML yang penting saja seperti Anchor text (untuk tujuan tracking), teks tebal/Bold dan mungkin beberapa styling font. Dengan mengikuti tips ini deliverability rate anda pasti akan lebih baik dibandingkan email dengan banyak gambar dan juga akan terbaca lebih jelas  pada perangkat mobile/smart phone.

  • Styling? Tetap sederhana walaupun dengan format HTML

Email HTML memberi Anda kemampuan untuk melacak (tracking) email yg dibuka dan link yg di klik. Kedua metrik sangat penting & berharga untuk bisnis Anda serta memungkinkan untuk melacak ROI (Return-On-Investment) Anda. Jadi, inilah kelebihan paling penting jika Anda harus mengirimkan email dalam format HTML jangan lupa buat link anda clickable sehingga anda bisa tracking. Tapi tidak berarti bahwa isi email Anda harus penuh dengan warna, gambar, kolom, ukuran font yang berbeda, dll.! Keep it plain, keep it simple

  •     Call to Action

    Ini sangat penting Anda hanya memiliki beberapa detik untuk mendapatkan perhatian dari penerima. karena setiap harinya ada ratusan email yg masuk ke inbox subscriber anda, Jadi Manfaatkan Gunakanlah beberapa detik ini dengan bijaksana. Selalu buat kata-kata yang membuat subscriber anda ingin segera membuka email anda Sertakan Call to Action di Judul email Anda. Buatlah judul yg mencolok (eye catching)

Kunci sukses marketing adalah selalu bereksperimen … Selalu testing!

Untuk pengiriman email anda berikutnya, cobalah tips kami diatas siapkan email tanpa terlalu banyak detail- Langsung to the Point saja… Dan selalu lacak/tracking metrik Anda … Mari kita lihat hasilnya,  bagaimana open rates Anda, klik rates dan konversi anda akan berubah menjadi lebih baik.

Salam Profit,

Profit Sender Dot Com

 

  • Dadang Suhendar

    Aduh…, aduh, bangga juga ya ! Saya masih belum paham, namun sy berusaha untuk memahaminya. Bantu saya terus ya, mklum masih gaptek internet.

    • Jangan menyerah pak! Maju terus, asal ada kemauan pasti bisa kok 🙂