Apa Yang DiMaksud Dengan Bounce Email ? Dan Alasan Terjadinya Bouncing


Deliverability, Email Marketing

Bouncing-emails

Yang di maksud dengan email bouncing adalah email yang terpental kembali ketika dikirimkan pesan. Nah di profitsender kami memiliki toleransi bouncing hingga 3 kali sebelum akhirnya email tersebut masuk ke dalam kategori Hard Bounce dan masuk kedalam daftar suppression list atau daftar email yang tidak akan pernah dikirimkan broadcast selamanya.

Lalu mengapa bisa sampai terjadi bouncing?

Berikut kami coba uraikan Alasan Email Anda bisa sampai terpental (bounce back)  Serta cara mengatasinya.

Saya yakin kita semua sudah pernah mengalaminya; Anda  membuat email newsletter, mengirimkan nya … lalu kemudian ketika Anda memeriksa laporan email Anda, Anda melihat bahwa ternyata ada beberapa email yang “bouncing” .

Jika itu yang terjadi, berarti email Anda tidak pernah benar-benar sampai ke tangan penerima yang Anda tujukan. Dan Jika akun Anda memiliki Bounce Rate yang cukup besar persentasinya, Maka jelas akan dapat berdampak negatif pada tingkat pengiriman Anda.

Itulah sebabnya ProfitSender secara otomatis ikut membantu anda membersihkan email2 yang bouncing tersebut.

Berikut 6 alasan email Anda bisa bouncing / memantul dan apa yang harus anda lakukan untuk mengatasinya:

1. Alamat email tidak ada / tidak valid

Jika bounce ditandai sebagai “alamat email tidak exist” Maka alamat email ini kemungkinan karena kesalahan ketik atau typo. Ada juga kemungkinan bahwa kontak memberikan alamat email palsu, yang dapat terjadi jika Anda menawarkan sesuatu/bonus secara online sebagai ganti pertukaran untuk email. Dalam hal ini, penting untuk meninjau kontak dalam kategori ini dan melihat apakah ada kesalahan ketik yg jelas dalam alamat email. Karena sering sekali ditemukan email seperti: salah@yaho.com (kurang huruf o) , salah@gmail.co.id  sementara gmail hanya memiliki domain dot.com . dan banyak lagi kesalahan ketik sejenis.

2. Alamat Email Terlantar atau Undeliverable Email.

Jika email bouncing berada di kategori “terantar”, berarti bahwa server email penerima tidak tersedia untuk sementara, kelebihan beban, atau tidak dapat ditemukan. Sebuah server yang tidak dapat ditemukan bisa karena down, di hack atau sedang dalam pemeliharaan, jadi ini mungkin hanya sementara. Namun, jika alamat email ini berulang kali memantul pada beberapa pengiriman email, maka bisa dipastikan berarti servernya sudah shut down atau domainnya expired.

3. Mailbox Penuh

Jika kontak Anda memiliki begitu banyak email di inbox sehingga mereka tidak dapat menerima email masuk lagi (full capacity), Maka email Anda akan bounce back sampai ada ruang untuk mereka. Kadang-kadang, hal ini dapat berarti bahwa kontak tidak lagi menggunakan alamat email. Seperti dengan alamat email tidak ada, Anda mungkin ingin untuk menindaklanjuti dengan kontak melalui telepon atau surat untuk memeriksa apakah alamat tersebut valid.

4. Liburan / Auto Reply

Jika seseorang pergi berlibur atau tidak dapat memeriksa email mereka, email Anda kepada mereka akan bounce. Sangat penting untuk dicatat bahwa, tidak seperti dengan kategori mental/bounce lainnya, jenis bouncing yang satu ini berarti email Anda telah berhasil dikirim ke kotak masuk/inbox penerima. Hati-hati memantau seberapa sering alamat email ini berakhir dalam kategori ini. Jika 2-3 bulan berlalu dan orang tersebut belum juga kembali dari liburan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menghapus saja kontak email tersebut.

5. Email Terblokir

Jika alamat email ditempatkan dalam kategori “Diblokir”,  maka server penerima telah memblokir email yang masuk. Hal ini sering terjadi antara lembaga pemerintah atau sekolah, di mana server dapat lebih ketat filternya ketika menerima email yang masuk. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu untuk berhubungan dengan kontak dan meminta agar administrator sistem mereka membuka blokir alamat IP dan domain ProfitSender.com.

6. Penyebab lain-lain

Bouncing yang tidak memberikan server alasan jelas yang dimasukkan ke dalam kategori ini, sehingga dapat diartikan bahwa email yang memantul karena salah satu alasan di atas atau sesuatu hal yang lain. Sangat penting untuk mengawasi kontak ini, juga, untuk melihat apakah bouncing terus berulang.

Apa yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi tingkat bouncing Anda?

Bouncing tidak baik untuk daftar/list email Anda, karena memberikan dampak negatif pada deliverability dan keberhasilan kampanye email Anda.

Memonitor bounce Anda dengan cermat. Jika beberapa alamat email terus menerus bounce, saatnya bagi anda untuk mengambil langkah-langkah berikut:

  • Hapus kontak email dari list anda.
  • Masukan Ke Suppression List – Untuk memastikan bahwa kontak tidak dapat subscribe ke list anda lagi
  • Selalu gunakan Double Optin! Ini adalah langkah yang terpenting, dengan menggunakan double optin, alamat email yg salah ketik, email bogus/palsu tidak akan di input ke daftar list anda. karena mereka mesti memverifikasi terlebih dahulu dengan mengklik link di email konfirmasi / aktivasi   Barulah mereka dapat di input ke list, dengan demikian list anda selain bersih, tingkat bounce nya juga sudah pasti rendah. Sekali lagi, Gunakan Double Optin!

 

Kesehatan list anda sangatlah vital & penting, karena akan menentukan seberapa baik kinerja email kampanye / broadcast email Anda.

 

Best Regards,

Profit Sender Dot Com

  • hermawan

    Jika saya menggunakan layanan profitsender, adakah grup support yg berisi para pengguna layanan profitsender?