9 Hal Yang Perlu Anda Cek Sebelum Mengirim Email Marketing


Email Marketing

Ketika Anda menulis email, kemudian anda menekan tombol kirim lalu beberapa saat kemudian Anda baru menyadari bahwa Anda lupa untuk memasukkan sesuatu, Atau ternyata ada kesalahan ketik yang mencolok di Judul email atau mungkin Anda menaruh link url yang salah di isi email anda.

Kita semua pasti pernah pada satu waktu melakukan kesalahan2 tersebut tapi sayangnya ketika kita berbicara tentang email, setelah campaign atau broadcast anda terkirim maka Anda tidak dapat menarik kembali dan merubahnya dan parahnya lagi, jika Anda telah mengirim ke seluruh daftar list Anda, kesalahan Anda terlanjur dilihat oleh semua orang yang subscribe di mailing list anda.

check list email marketing

Untuk menghindari rusaknya kredibilitas Anda, belum lagi rasa malu karena harus mengirim follow up email untuk mengkoreksi email yang terlanjur salah sebelumnya, Maka adalah ide yang baik untuk membuat check list untuk memastikan apa yang telah Anda lakukan sudah benar 100% sebelum anda menekan tombol kirim.

Berikut 9 Tips dari ProfitSender yang akan membantu anda memeriksa berbagai hal sebelum anda mengirim email marketing

  1. Apakah ada kesalahan ketik atau kesalahan ejaan? Tidak ada yang lebih buruk daripada mengirim email marketing dengan kesalahan ketik, spasi dan kata-kata salah eja. Cobalah membaca keras-keras perlahan-lahan untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan setiap kesalahan walau kecil sekalipun.
  2.  Apakah link Anda Valid & Aktif? Pastikan Anda mengarahkan pembaca email ke situs yang tepat dan landing page yang relevan.
  3. Apakah ada Call to Action (CTA) ? Pastikan Call To Action anda ditampilkan sejelas mungkin dan mudah untuk diklik serta bila perlu ditampilkan secara mencolok dengan image seperti download now, klik disini, dsb..
  4. Apakah link unsubscribe anda ditampilkan cukup jelas sehingga pembaca dapat berhenti berlangganan dengan mudah? Hal Ini lebih dari sekedar sopan santun, Namun hal ini merupakan persyaratan hukum di banyak negara.
  5. Bagaimana tampilan email Anda ? Apakah semua tampilannya muncul dengan baik ? Selalu layak untuk memeriksa email anda seperti gambar dan tampilan teks dengan menggunakan tombol Preview Email.
  6. Apakah subjek / Judul Email Anda relevan serta bebas dari kesalahan ketik? Pastikan Anda mengecek dan mengubahnya bila diperlukan sebelum Anda menekan tombol kirim!
  7. Pastikan Nama Pengirim Sejelas Mungkin! Menggunakan nama bisnis anda biasanya merupakan ide yang baik
  8. Apakah email Anda mematuhi hukum spam di negara-negara yang relevan di mana penerima Anda berada? Gagal mematuhi undang-undang spam yang dapat berakibat fatal & Denda mahal untuk Anda. Jika di Amerika ada can spam law di Indonesia juga ada Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)
  9. Apakah pesan telah dikirim pada waktu yang terbaik? Hal ini penting untuk memastikan tingginya open rate dan keterlibatan (engage) penerima email. Anda dapat melakukan beberapa pengujian untuk mengetahui kapan hari dan waktu terbaik untuk mengirim broadcast ke audiens Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah di ProfitSender dengan menggunakan fitur Split Testing.

Jadi kedepannya sebelum Anda mengirim email marketing, pastikan Anda memeriksa tips di atas.

Tdak ada salahnya meluangkan beberapa menit dari waktu anda yang berharga sebelum mengirim email pemasaran berikutnya .

 

Profit Sender Dot Com

  • Bener banget. Terima kasih. 😀

  • Badan Litbang dan Inovasi Keme

    Apa kabar Pengelola ProfitSender.. Nama saya Budi, kantor saya sudah menyewa profitsender untuk 1 bulan, tujuannya untuk mengirimkan newsletter. Tetapi saya blm bisa mengirimkan newslletter tersebut, karena saya tidak bisa mnggunggah daftar alamat e-mail pelanggan newsletter yang dimiliki oleh kantor saya. Mohon bantuannya